(TUGAS 2)
Nama: Azimata Firusdi
NPM: 51413565
Kelas: 3IA22
Mata Kuliah: Desain Pemodelan Grafik
Dosen: Dia Ragasari
Jurusan: Teknik Informatika
Design grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, danpage layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif.
Nama: Azimata Firusdi
NPM: 51413565
Kelas: 3IA22
Mata Kuliah: Desain Pemodelan Grafik
Dosen: Dia Ragasari
Jurusan: Teknik Informatika
Design grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, danpage layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif.
1. History of Graphic Design
Pelacakan sejarah desain grafis dapat kita ditelusuri dari
jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign &
simbol) yang berwujud gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar
mendahului tulisan karena gambar dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif,
dengan dasar acuan alam. Tulisan merupakan hasil konversi gambar, bentuk
dan tata aturan komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada
yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai media
komunikasi. Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua
untuk kegiatan berburu binatang. Contohnya seperti yang ditemukan di dinding
gua Lascaux, Perancis.
Desain grafis berkembang pesat
seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan
dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg menemukan
teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai
disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Ini
adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara
massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada
masa kebangkitan kembali Eropa.
Kata Desain Grafis pertama kali
digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls
for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer
buku Amerika lalu pada buku Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun
1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada
judulnya. The signage in the London Underground adalah contoh desain klasik
pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward
Johnston pada tahun 1916.
- The Advent of Printing
Teknik cetak mencetak sebenarnya
telah dilakukan secara konvensional di Cina pada abad ke-14. Inovasi yang
dilakukan masyarakat Cina untuk menciptakan tinta dan block
printing sangat berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Namun, perkembangan
di Cina tak
sedahsyat perkembangan yang terjadi di kawasan Eropa. Hal ini diindasikan lantaran tulisan alfabet Cina memiliki
ribuan spesific ideogram sehingga sangat sulit apabila diterapkan ke media
mesin ketik. Dampaknya, hampir tidak ada perubahan yang berarti perihal
efisiensi produksi di Cina sebagaimana perkembangan yang terjadi di
Eropa.
Lalu pada awal tahun 1950an, di Eropa telah berkembang budaya sehingga membutuhkan produksi dokumen tulisan cepat dan murah. Pada saat itu Johannes Guternberg seorang usahawan asal Jerman telah berhasil mengembangkan Teknologi Mesin Cetak secara Revolusioner sangat berbeda dengan mesin cetak konvensional dari Cina sehingga penemuan ini sangat membantu produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada kebangkitan Eropa. Temuan Guternberg juga tela mendukung ilustrasi di Jerman untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf atau Tipografi dan sudah banyak seniman dengan karya besarnya seperti seniman Lucas Cranach dengan karya "Where of Babilon"
- Emergence of The Design Industry
Era industri diwujudkan dengan
Revolusi Industri yang dicetuskan dengan penemuan mesin uap oleh James Watt
(1780-an). Dengan ditemukannya mesin uap tersebut, maka timbul prinsip produksi
massal, yaitu adanya:
1. Proses Duplikasi
2. Akurasi / Ketepatan ukuran
3. Spesialisasi
Dengan demikian produktivitas
meningkat dengan cepat, peredaran barang di pasar juga meningkat dengan harga
barang yang lebih rendah. Begitu pula dengan produksi barang cetak. Dimulailah
pula era komunikasi massa.
- Tweenteeth Century Design
Pada awal abad 20 masih terasa
pengaruh desain gaya abad ke 19 namun setelah perang dunia I bangkitnya paham
sosialisme, muncul banyak negara maju, terjadi perubahan karya rupa baik fisik,
materiil, mental dan spiritual. Ciri-cirinya adalah : ekspresi pribadi seniman
menjadi alasan kuat pembuatn karya, Banyak penambahan suasana dekoratif pada
hasil karya rupanya.
Tokoh yang terkenal antara lain
Pablo Picasso, Vincent van Gigh yang menuangkan lukisannya dengan warna
dramatis dan gelisah. Pada abad ini muncul aliran Fauvisme, Kubisme, Futurisme,
Absolutisme. Seni bangunan juga mengalami perkembangan yang sangat pesat adanya
bangunan bertingkat dan mulai diperhatikan fungsi artistiknya, sehingga tidak
hanya menjadi tempat tinggal manusia tetapi sudah banyak menjadi multi fungsi.
Seni patung yang berorientasi natural dan realis menampilkan bentuk, gerak,
ekspresi baru dan mulai mengenal bentuk abstrak dan primitif yang dikembangan.
Nama “Desain Grafis” pertama kali
muncul dicetak dalam esai 1922 “New Jenis Percetakan Panggilan untuk New
Design” oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika di awal
abad 20. Raffe’s Desain Grafis, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap
sebagai buku pertama yang menggunakan “Desain Grafis” dalam judul. Signage di
London Underground adalah contoh desain klasik dari era modern dan menggunakan
font yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.
2. Modern Graphic Design Subfield
Subfield pada Desain Grafis Modern meliputi hal-hal berikut diantaranya adalah:
1. Desain Grafis yang artinya merancang atau membuat suatu sketsa untuk desain yang ingin kita buat sehingga bisa menjadi informasi visual pada media cetak untuk dimengerti oleh publik.
2. Ilustrasi : menampilkan keterampilan gambar tangan yang menjadi sebuah imajinasi.
3. Fotografi : menampilkan keterampilan gambar dengan menggunakan kamera.
3. Explanation About
- Information Design
Desain Informasi adalah memberikan pemahaman informasi secara efektif dan efisien dalam bentuk desain grafis sehingga menarik untuk ekspresi artistik dan sengat berkaitan erat dengan visualisasi data dan desain informasi ini masih dalam bagian dari program desain grafis itu sendiri. Desain Informasi tersebut masih menjelaskan tentang desain, menjelaskan fakta dunia dan mengarahkan pengetahuan terhadap tindakan dari informasi itu sendiri.
- Typhography
Tipografi adalah teknik perpaduan teknik dalam seni untuk menghasilkan suatu tulisan sehingga maksud dari arti tulisan tersebut dapat dipahami oleh para pembaca secara visual dan dapat diolah tidak hanya jenis huruf, ukuran huruf, dekorasi semata yang terbatas namun meliputi tata letak hotizontal dan vertikal tulisan pada sebuah bidang desain.Ilmu tipografi dapat digunakan pada banyak bidang seperti desain grafis, desain web, majalah, desain produk dll. Terdapat aspek aspek pada ilmu tipografi diantaranya adalah aspek ilustrasi, teks, warna dan media.
- Web Design Graphic
Istilah desain web digunakan untuk menggambarkan dari suatu proses desain yang berkaitan dengan desain web itu sendiri dan tentu saja client side yang digunakan desain wed dalam menulis mark up dan sangat luas pengembangan nya dalam rekayasa luang lingkup yang lebih luas. Desain web juga meliputi keterampilan yang berbeda dan sangat disiplin dalam produksi dan pemeliharaan web.
Daerah yang berbeda dari desain
web termasuk desain grafis web; desain antarmuka; authoring, termasuk kode
standar dan perangkat lunak berpemilik; desain pengalaman pengguna; dan
optimasi mesin pencari. Seringkali banyak orang akan bekerja dalam tim yang
meliputi berbagai aspek dari proses desain, meskipun beberapa desainer akan
menutupi mereka semua.
- Instructional Design
Desain Instruksional adalah komponen-komponen yang akan menciptakan proses pengalaman yang membuat perolehan pengetahuan dan keterampilan menjadi efisien dan efektif serta menarik. Di dalam desain instruksional tersebut terdapat paket pembelajaran, kegiatan mengajar, uji coba, revisi dan kegiatan evaluasi hasil belajar. Tujuan dari desainer dalam membuat instruksional desain adalah utnuk menghasilkan suatu model atau representasi dari desain atau blueprint yang akan dibangun. Pendekatan dari desain tersebut dapat mencakup beberapa bidang garapan contohnya desain pada sistem kurikulum, pembelajaran, implementasi dll.
- Marketing Design
Desain marketing adalah suatu gambaran atau strategi dalam memasarkan suatu produk atau memberikan suatu informasi barang serta juga jasa dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat.
- Digital Ilustration
Ilustrasi digital adalah sebuah gambaran atau sketsa yang dibuat dengan menggunakan alat digital sehingga menghasilkan desain gambar yang diinginkan dan dengan menggunakan perangkat bantuan seperti mouse atau tablet. Dalam hal ini perangkat lunak atau software yang digunakan antara lain coreldraw, photoshop, blender dll. Hal ini juga berbeda dari
manipulasi digital dari foto, dalam hal ini adalah konstruksi asli "dari
awal".
4. The Influence of Graphic Design in Our World
- Movies
Pada zaman sekarang ini sudah banyak pengaruh desain grafis dalam membuat film seperti teknologi dalam pembuatan efek 3D dimana 3 titik perspektif matematis dalam melihat suatu objek yang akan kita buat sehingga kita akan melihat gambar tersebut seperti nyata atau hidup. Untuk perangkat-perangkat lunak
yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada
aloritma-algoritma. Obyek 3-D adalah sekumpulan titik-titik 3-D (x,y,z) yang
membentuk luasan-luasan (face) yang digabungkan menjadi satu kesatuan. Face
adalah gabungan titik-titik yang membentuk luasan tertentu atau sering
dinamakan dengan sisi. Para peneliti maupun praktisi
industri menggunakan grafik tiga dimensi untuk menvisualisasikan data yang ada
sehingga lebih mudah untuk dianalisa. Selain untuk visualisasi data, grafik
tiga dimensi juga banyak digunakan untuk efek film, simulasi, dan game.
5. Graphic Design Interm of Modeling Human Computer Interaction
Sebuah desain grafis dimana pengguna membuatnya dengan berinteraksi dengan komputer lalu menghasilkan model yang kita inginkan. Interaksi manusia-komputer (HCI)
melibatkan studi, perencanaan, desain dan penggunaan antarmuka antara
orang-orang (pengguna) dan komputer. Hal ini sering dianggap sebagai
persimpangan ilmu komputer, ilmu perilaku, desain, studi media, dan beberapa
bidang studi lainnya dan disiplin ilmu yang
menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer
interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena
disekitar manusia itu sendiri atau Suatu studi ilmiah tentang masyarakat
didalam lingkungan kerjanya.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
https://grunge2you.wordpress.com/2012/11/29/pengaruh-teknologi-terhadap-perkembangan-grafis-dan-permodelan-yang-ada-serta-pengaruh-grafis-terhadap-perubahan-teknologi/
http://www.plimbi.com/article/69881/cara-kerja-printer
http://bagholovers.blogspot.co.id/2012/06/pengaruh-perkembangan-desain-dan-seni.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Information_design
https://en.wikipedia.org/wiki/Typography
https://en.wikipedia.org/wiki/Web_design
https://puteriroro.wordpress.com/2013/02/21/desain-instruksional/
https://grunge2you.wordpress.com/2012/11/29/pengaruh-teknologi-terhadap-perkembangan-grafis-dan-permodelan-yang-ada-serta-pengaruh-grafis-terhadap-perubahan-teknologi/
http://www.plimbi.com/article/69881/cara-kerja-printer
http://bagholovers.blogspot.co.id/2012/06/pengaruh-perkembangan-desain-dan-seni.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Information_design
https://en.wikipedia.org/wiki/Typography
https://en.wikipedia.org/wiki/Web_design
https://puteriroro.wordpress.com/2013/02/21/desain-instruksional/
No comments:
Post a Comment