Monday, October 31, 2016

Sumber Daya Manusia dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

TUGAS 2

Nama: Azimata Firusdi
Kelas: 4IA22
NPM: 51413565
Dosen: Rina Noviana

Dalam dunia usaha atau bisnis, sumber daya manusia sangatlah penting dalam kelangusan bisnis yang dijalankan dan salah satu cara agar dipekerjakan oleh suatu perusahaan tersebut adalah dengan merekrut atau menentukan siapa yang akan dipekerjakan, harus sesuai  serta kompeten dengan posisi yang dibutuhkan. Sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari sumber daya manusia dan rekrutmen.

1. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu.

2. Rekrutmen

Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia. Hasil yang didapatkan dari proses rekrutmen adalah sejumlah tenaga kerja yang akan memasuki proses seleksi, yakni proses untuk menentukan kandidat yang mana yang paling layak untuk mengisi jabatan tertentu yang tersedia di perusahaan.

3. Analisa Website Perekrutan SDM pada Website PT ANTAM (Persero)


Setiap perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru akan membuka lowongan pekerjaan baik yang fresh graduate atau sudah lama lulus namun, lebih diprioritaskan fresh graduate dan untuk itu perusahaan BUMN yaitu PT ANTAM (Persero) membuka lowongan kerja bagi mereka yang berminat untuk mendaftarkan diri di perusahaan tersebut. Namun, tentu terdapat persayaratan yang ada untuk mendaftarkan diri dengan tujuan agar calon pekerja memenuhi syarat, calon pekerja dapat konsisten, wawasan dan strategi perusahaan, memenuhi tanggung jawab perusahaan dalam upaya menciptakan lapangan pekerjaan. 

Dibawah ini adalah proses dalam perekrutan bagi tenaga kerja baru:

1. Fokus pada Persyaratan Pekerjaan

PT ANTAM (Persero) menawarkan bagi para lulusan baru untuk mengikuti program magang dengan metode pembelajaran inovatif yang dibekali pengetahuan theory in class dan on the job training dibawah arahan mentor profesional yang nantinya bisa langsung bekerja pada posisi yang diingkan oleh pelamar. Dimana Persyaratan yang diminta PT ANTAM sebagai berikut:

Persyaratan peserta :
  • Berjenis kelamin laki laki atau perempuan
  • Berkelakuan baik
  • Riwayat kesehatan jasmani dan rohani
  • Minimal lulusan sarjana S1 Manajemen, Teknik Industri, Teknik metalurgi, Teknik Mesin, Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Teknik informatika/Teknik Komputer, Sistem Informasi
  • Umur pelamar maksimal 25 tahun pada desember 2016
  • TOEFL 500
2. Merancang Sebuah Deskripsi Pekerjaan

Mempersiapkan deskripsi pekerjaan sangat penting untuk kriteria seleksi, evaluasi, dan penilaian kinerja. Menjabarkan peran dan tanggung jawab pekerjaan dengan singkat, dan juga keahlian, kualifikasi, pengetahuan, karakteristik, dll. Perhatikan persyaratan yang tepat dari posisi seperti pendidikan dan pengalaman.

3. Memberikan Informasi Mengenai Lowongan Pekerjaan 

Memberikan informasi bahwa perusahaan yang sedang dijalankan membutuhkan tenaga kerja. Misalnya  melalui media, baik itu media cetak, maupun media elektronik. Perusahaan BUMN PT. ANTAM (Persero) memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan melalu media elektornik.

4. Proses Seleksi 

Langkah selanjutnya adalah menyeleksi calon tenaga kerja baru sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan yang bersangkutan seperti membandingkan CV pelamar dengan deskripsi pekerjaan, mengikuti test online dan mengikuti tes psikotes. Proses seleksi perusahaan BUMN PT. ANTAM (Persero) adalah sebagai berikut:

A. Tahapan Seleksi:
  • Membuat Video
  • Mengikuti Test Online
  • Psikotest
  • Interview
Dimana terdapat ketentuan dan penilaian yang terdapat pada video tersebut seperti:

B. Ketentuan Video :
  • Rekaman berupa video pidato berdurasi maksimal 3 menit.
  • Video berisi alasan anda mengikuti AFGP dan satu topik umum berkaitan dengan bidang keilmuan yang dimiliki.
  • Peserta dapat menambahkan materi visual/ presentasi/animasi grafis di dalam video.
  • Pidato dibuat dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

C. Penilaian dalam Video :

  • Visi pribadi.
  • Kemampuan berkomunikasi yang baik dan confidence.
  • Kemampuan menyampaikan materi dengan jelas dan terstruktur.
  • Kreativitas (dalam membuat video dan menyampaikan ide).
  • Kesesuaian materi penyampaian pidato dengan topik yang dipilih.
  • Kerapian dan Kesopanan.
5. Mengirim Surat Lamaran

Setelah persyaratan dan proses seleksi selesai dilakukan maka pelamar diharuskan untuk melakukan pendaftaran dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Video diunggah di akun pribadi peserta di Youtube atau Google Drive dengan judul video “AFGP 2016 (judul materi video yang dibawakan) (nama peserta) (Universitas) (Jurusan)”.
  • Bagi peserta yang mengalami kesulitan mengunggah video, anda juga dapat mengirimkan video anda dalam bentuk CD/flashdisk dan dikirimkan ke alamat : Kantor Pusat PT ANTAM (Persero) Tbk.
  • Isi formulir pendaftaran dan sertakan link video
  • Video akan di upload di channel Youtube ANTAM.
  • Kami akan memberitahukan kepada anda melalui email jika video anda sudah berada di channel ANTAM.
  • Anda dapat mempromosikan video anda untuk mendapat like dan view.
  • Like dan view terbanyak akan mendapatkan souvernir dari PT ANTAM (Persero) Tbk.
Persyaratan dan ketentuan yang telah dibuat dapat dikirimkan ke alamat :

PT ANTAM (Persero) Tbk
Gedung Aneka Tambang
Jl. Letjen TB Simatupang No. 1 Lingkar Selatan, Tanjung Barat
Jakarta 12530,
Indonesia
Tel. : (62-21) 789 1234
Fax. : (62-21) 789 1224
Email: corsec@antam.com
Twitter: @OfficialAntam
Facebook: PT ANTAM (Persero) Tbk

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) yang selanjutnya disebut CSR merupakan sebuah konsep dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dan lingkungan dalam operasi bisnis mereka dalam interaksi mereka dengan para pihak yang berkepentingan secara sukarela (European Commision dalam Baker, 2004). Perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, seperti konsumen karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.

Berikut ini adalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada PT. Bank BCA tbk.

Bank BCA mempunyai konsep dimana perusahaan dapat terus bertumbuh bila masyarakat dimana perusahaan itu berada juga tumbuh bersamanya. Karena itu, CSR BCA ada untuk semua sehingga Bank BCA berkomitmen menjadikan filosofi dan tujuan CSR sebagai bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas perusahaan. Karena itu, dalam setiap produk dan layanan yang kami kembangkan senantiasa tersirat komitmen kami untuk mendorong pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

Program CSR BCA berada di bawah payung program Bakti BCA yang dilakukan secara berkesinambungan dan dituangkan ke dalam 3 (tiga) pilar, yaitu Solusi Cerdas, Solusi Sinergi, dan Solusi Bisnis Unggul.
  • Solusi Cerdas
Pada program solusi cerdas yang dikembangkan oleh BCA antara lain:

- Beasiswa Bakti BCA


BCA menjalankan program beasiswa bakti sejak tahun 1999 dan bekerja sama dengan 16 PTN di Indonesia untuk menjaring mahasiswa berprestasi yang tekendala kondisi finansial. Beasiswa meliputi uang kuliah (SPP) dan atau bantuan uang saku. Selain itu, para penerima beasiswa juga mendapatkan pengembangan soft skill, seperti pelatihan, seminar, maupun mentoring. Diharapkan program tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan.

- Program Magang Bakti BCA


BCA memberikan kesempatan bagi lulusan SMA hingga Sarjana untuk mendapatkan pengalaman operasional sebagai Customer Service Officer (CSO) atau teller melalui Program Magang Bakti BCA, selama satu tahun, tanpa ikatan dinas. Peserta program akan menjalani serangkaian pelatihan, seperti menghitung dan menyortir uang secara aman, mengindentifikasi keaslian mata uang Rupiah, simulasi mini banking, kerahasiaan bank dan sebagainya. Masih banyak lagi program solusi cerdas dari BCA ini.
  • Solusi Sinergi BCA
- Melestarikan Budaya 

Pada program solusi sinergi ini BCA mempunyai tujuan untuk melestarikan warisan budaya Indonesia seperti wayang goes to campus, wayang for student dll.

- Olahraga


BCA bersama dengan PBSI menandatangani kerjasama dalam bidang olahraga khususnya pada olahraga bulutangkis untuk menyelenggarakan turnamen bulutangkis tingkat Internasional. Kompetisi tahunan yang diprakarsai PBSI, Badminton World Federation (BWF), dan beberapa lembaga ini kemudian dikenal dengan nama BCA Indonesia Open (BIO).
  • Solusi Bisnis Unggul BCA
BCA berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat agar mampu bertumbuh dan maju secara mandiri. Implementasi program solusi bisnis unggul BCA salah satunya adalah:

- Lembaga Pengembangan Bisnis


BCA mengembangkan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Mitra Bersama untuk memfasilitasi pelaku UKM agar dapat mengembangkan usahanya secara berkelanjutan bersama dengan PT Astra International Tbk dan PT Pertamina (Persero) Tbk.

Beberapa kegiatan dilakukan antara lain memberikan konsultasi dan pelatihan mengenai pengelolaan keuangan sederhana, pengembangan pasar, quality control, pembuatan website, hingga memfasilitasi pengenalan produk/jasa perbankan dan temu usaha.



Sumber:

No comments:

Post a Comment